Jumat, 17 Desember 2010

Apoplexy

img
Ilustrasi: repro onesickmother
Deskripsi
Apoplexy adalah pendarahan yang tidak terkontrol yang mengakibatkan kehilangan kesadaran dan kelumpuhan dari berbagai bagian tubuh. Sebagai contoh, adrenal pitam adalah perdarahan ke dalam kelenjar adrenal, hipofisis pitam adalah perdarahan ke dalam kelenjar pituitari, dan seterusnya.

Istilah pitam (tanpa organ tertentu) sering merujuk kepada perdarahan ke dalam otak. Kondisi seperti pendarahan subarachnoid atau stroke kadang-kadang disebut pitam.

Gejala
Gejala umum yang muncul antara lain:
* sakit kepala
* kemampuan untuk melihat
* keculitan berbicara
* kontrol motor
* mual
* efek mental

Pengobatan
Apoplexy adalah penyebab utama kecacatan dan penyebab ketiga kematian di Amerika Serikat (AS). Kondisi ini dianggap sebagai darurat medis dan memerlukan pengobatan segera untuk mencegah atau meminimalkan kerusakan serius.

Meskipun tergantung pada jenis stroke dan bagian otak yang terserang, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan otak ireversibel dan cacat berkelanjutan. Serangan serius dapat menyebabkan kelumpuhan permanen pada satu sisi tubuh atau mempengaruhi kemampuan seperti berbicara, gerakan dan memori. Sementara beberapa pasien sembuh sepenuhnya, dua-pertiga dari korban menderita serangan ayan dari beberapa bentuk kecacatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar