Jumat, 17 Desember 2010

Infertilitas Wanita

img
Ilustrasi: repro
Deskripsi
Infertilitas Wanita (kemandulan wanita) merujuk pada ketidakmampuan wanita untuk hamil meskipun telah berhubungan seksual tanpa pelindung dan si suami terbukti tidak mengalami kemandulan. Untuk mengukur seorang wanita mengalami infertilitas atau tidak dibutuhkan waktu setahun atau lebih. Jika dalam jangka waktu setahun atau lebih belum juga hamil maka perlu konsultasi dengan ahli medis untuk mendapatkan pemeriksaan.

Penyebab infertilitas wanita bisa sulit untuk didiagnosis, tetapi banyak perawatan yang tersedia. Agar wanita bisa hamil, masing-masing faktor berikut penting diketahui:
* Ovulasi.
Pencapaian kehamilan mensyaratkan wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur di mana sel telur dilepaskan, proses ini disebut ovulasi.
* Kesuburan sperma suami.
Bagi kebanyakan pasangan, hal ini tidak menjadi masalah kecuali jika pasangan memiliki riwayat penyakit.
* Hubungan seksual secara teratur.
Agar istri hamil hubungan seksual dapat dilakukan secara teratur selama waktu subur.

Gejala
Gejala utama infertilitas adalah ketidakmampuan pasangan untuk bisa hamil. Gejala lain, siklus haid yang tidak normal yang terlalu lama (35 hari atau lebih) atau terlalu pendek (kurang dari 21 hari) dapat menjadi pertanda infertilitas wanita.

Perawatan
Infertilitas pada wanita dapat ditangani, penanganan tergantung pada penyebab, usia, dan masa subur wanita. Meskipun beberapa wanita membutuhkan hanya satu atau dua terapi untuk memulihkan kesuburan, ada kemungkinan bahwa beberapa jenis perawatan yang berbeda mungkin diperlukan sebelum hamil. Perawatan dapat berusaha untuk mengembalikan kesuburan--dengan cara pengobatan atau pembedahan--atau membantu dalam reproduksi dengan teknik yang canggih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar