Jumat, 17 Desember 2010

Stuip/Step

img
Foto: repro

Deskripsi
Stuip adalah kejang pada anak yang disebabkan demam tinggi. Hal ini disebabkan kontraksi otot berlebihan di luar kehendak. Jika tidak cepat ditangani, stuip dapat mengakibatkan kerusakan otak, dan pada akhirnya menyebabkan epilepsi, dan kelumpuhan mental.

Gejala
Kejang pada anak tersebut dapat dibedakan jadi dua; kejang demam sederhana dan kejang kompleks. Pada kejang sederhana suhu anak mencapai 38,5 derajat Celsius. Pada saat kejang kedua kaki dan tangan akan melakukan berulang-ulang, lama kejang sekitar 15 menit, disertai wajah kebiruan, mata mendelik ke atas, pada saat itu anak tak sadarkan diri.

Sedangkan pada kejang demam kompleks, kejang terjadi dengan atau tanpa demam, kejang terjadi lebih dari 15 menit, pada saat kejang seluruh anggota tubuh bergerak. Kejang ini disebabkan ada kelainan neurologis (saraf otak).

Perawatan
Penanganan steup dapat dilakukan dengan cara; melonggarkan pakaian si anak, baringkan dengan posisi miring (untuk mencegah masuknya cairan muntahan ke paru-paru), ganjal rongga mulut dengan gagang sendok yang sudah dilapisi kain, hindari mengompres dengan air dingin karena dapat menyebabkan konslet pada otak, kompres dengan air hangat selama 15 menit, beri obat pereda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar